June 16, 2024

Social Media Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness

Social Media Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness – Social media marketing (SMM) bukan hal baru lagi di era serba digital sekarang ini. Bahkan, pelaku bisnis mulai berbondong-bondong mempelajari teknik pemasaran ini untuk meningkatkan profit mereka.

Ketimbang pemasaran yang dilakukan secara konvensional, strategi marketing ini lebih efektif. Impact-nya tidak hanya berputar pada pemilik bisnis saja, namun juga kepada klien atau calon konsumen perusahaan.

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu pemasaran online, jangan lewatkan pembahasan lengkap di bawah ini.

Social Media Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness

Mengenal Social Media Marketing

Social Media Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness – SMM merupakan strategi pemasaran bisnis dengan menggunakan platform media sosial sebagai sarana utama. Strategi di sini mencakup interaksi, komunikasi, hingga promosi suatu produk dan layanan kepada audiens atau target yang relevan.

Menurut Hubspot, pemasaran media sosial ini adalah aksi pembuatan konten yang nantinya akan menarik perhatian khalayak. Sementara itu, Neil Patel mengartikan pemasaran sosial media adalah tahapan menarik atensi orang-orang supaya terpengaruh dari konten yang disajikan.

Banyaknya masyarakat yang memanfaatkann media sosial pada saat sekarang juga membuka sebuah peluang pemasaran bisnis jadi lebih gampang sampai. Selain itu, dengan media sosial, pemasaran yang pelaku bisnis lakukan akan jadi lebih menyenangkan.

Tujuan Pemasaran Sosial Media

Social Media Marketing mempunyai beragam tujuan dari berbagai aspek bisnis. Adapun tujuan dari SMM tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Memperluas Pasar Bisnis

Tujuan pertama dari pemasaran online di media sosial adalah untuk menjangkau target pasar yang lebih banyak. Media sosial mengizinkan bisnis supaya bisa mencapai target ke audiens yang berada di luar kawasan mobilitas.

Dengan adanya tools dan fitur seperti pengelompokan, bisnis Anda bisa mendapatkan kampanye yang relevan. Sehingga bisa sesuai dengan demografis minat maupun preferensi masyarakat di berbagai wilayah.

2. Meningkatkan Penjualan

Tujuan pada pemasaran media online selanjutnya adalah supaya bisa menambahkan suatu penjualan suatu produk maupun layanan. Memposting konten yang signifikan dengan produk atau layanan bisnis Kalin bisa menarik pelanggan sehingga mereka mengambil tindakan dalam pembelian.

Di samping itu, adanya diskon atau promosi khusus yang tersebar luas juga membuat produk layanan Anda kian diminati. Apalagi Anda menambahkan konten yang mengajak interaksi dengan audiens, tentunya akan mendorong konversi lebih lanjut.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Berbicara tentang bisnis bukan hanya sekedar laku tidaknya. Melainkan membangun citra bisnis di mata klien juga penting adanya.

Social media marketing membantu Anda mendapatkan branding bisnis di kalangan audiens. Kesadaran akan merek bisnis Anda akan lebih mudah didapatkan dan bisa lebih luas jangkauannya.

Manfaatkan platform media sosial yang populer untuk mengenalkan merek Anda kepada audiens yang belum terpapar sebelumnya. Hal ini juga sangat mungkin untuk meningkatkan retensi, engagement tinggi, sekaligus menggaet followers loyal.

4. Menekan Biaya

Pemasaran melalui media sosial nyatanya tidak memakan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional seperti iklan di televisi atau media cetak. Efisiensi biaya ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan potensi marketing secara merata dan lebih luas tanpa perlu mengeluhkan anggaran yang besar. Dana bisa Anda alihkan untuk keperluan lainnya.

5. Alat untuk Interaksi dengan Konsumen

Selain efisiensi biaya, social media marketing juga menjadi wadah pelaku bisnis berkomunikasi dengan konsumen atau Customer Relationship Management (CRM). Media sosial terbilang efektif dalam hal ini.

Dengan adanya interaksi di media sosial, pemilik bisnis bisa menanggapi pertanyaan yang konsumen ajukan. Selain itu, juga bisa merespons keluhan, memberikan dukungan, serta menjaga komunikasi yang positif.

Contoh Dari Platform Media Sosial

Banyak sekali jenis media sosial yang bisa Anda gunakan untuk wadah pemasaran produk layanan bisnis. Namun, di Indonesia ada beberapa platform yang lazim dipakai dan mempunyai impact yang tidak main-main pada bisnis.

1. Instagram

Di tahun 2019, Instagram sudah berhasil menggaet pengguna lebih dari 1 miliar orang. Biasanya generasi milenial yang kerap menggunakan aplikasi ini karena fitur-fitur di dalamnya.

Dari segi social media marketing, Anda bisa menggunakan Instagram sebagai katalog produk. Pajang foto produk Anda pada feed Instagram. Tambahkan sedikit sentuhan filter supaya lebih menarik.

2. Facebook

Siapa yang tidak mengetahui dengan media sosial legend ciptaan dari Mark Zuckerberg ini. Hingga sekarang ini, Facebook memegang label sebagai aplikasi yang banyak digunakan orang.

Untuk tujuan pemasaran, platform ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Anda juga bisa mempromosikan produk dengan memasang iklan di Facebook atau membuat grup jual beli.

3. Jejaring X

Lebih dikenal dengan nama sebelumnya, Twitter, X ini sudah mempunyai pengguna lebih dari 335 juta orang. X ini banyak digunakan dengan tujuan customer service dalam hal bisnis.

Suatu kelebihan bagi X daripada media sosial lainnya, X membuka kesempatan bagi pelaku bisnis untuk berinteraksi dengan masyarakat secara lebih luas. Tikak seperti Instagram atau Facebook yang mengedepankan publikasi konten ketimbang komunikasi.

4. YouTube

Contoh social media marketing selanjutnya adalah YouTube. Dengan jumlah pengguna YouTube yang terhitung besar, yakni 2 miliar, Anda bisa mengunggah video dengan durasi lebih panjang.

Platform ini juga cocok untuk media iklan suatu produk. Durasi iklannya pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa bahkan ada yang mengemasnya menjadi drama singkat.

5. TikTok

Meski terbilang jenis platform yang belum lama lahir, TikTok adalah media sosial yang kini ramai pengguna. TikTok berorientasi pada video karena kebanyakan pengguna TikTok masih muda.

Bagi Anda yang mempunyai target pasar para Gen Z, TikTok menjadi media sosial yang harus Anda gunakan untuk promosi.

Munculnya promosi berbayar dan pemasaran influencer, membuat TikTok punya potensi yang besar untuk membuat kampanye viral dengan tarif yang terjangkau.

Penutup:

Di zaman modern dengan persaingan bisnis yang ketat sekarang ini, strategi social media marketing sangatlah penting. Dengan begitu, Anda tidak tertinggal dengan kompetitor dan bisa memperluas bisnis Anda.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Next post Strategi dan Manfaat Media Sosial sebagai Alat Pemasaran UMKM